STIKes Perintis Padang Laksanakan Pengabmas di Dua SD

PADANG, HALUAN- Di sekolahnya yang masih sederhana, para siswa  SDN 50 Kampung Jambak, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang,   mendapatkan pemeriksaan golongan darah dan  penyuluhan tentang Jajanan Sehat Bergizi.  Kegiatan dan pelayanan yang diberikan secara gratis ini,   merupakan pelaksanaan program Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) sejumlah dosen STIKes Perintis Padang.

Para siswa SDN 50 Kampung Jambak pada Kamis ( 9/3/2017)  merasa beruntung mendapat pelayanan gratis berupa pemeriksaan golongan darah.  Golongan darah penting diidentifikasi karena Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengetahui golongan darah antara lain penting dalam tranfusi darah dan  penting dalam tes DNA.

Para siswa  juga mendapat penyuluhan dan pembinaan  tentang jajanan Sehat Bergizi.  Menurut Tim  Pengabmas STIKes Perintis Padang,    anak usia sekolah merupakan generasi penerus bangsa. Kualitas bangsa di masa depan ditentukan dengan kualitas anak-anak saat ini. Sehingga, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusi harus dilakukan sejak dini.
Untuk itu anak   perlu  ajari   untuk memilih jajanan yang bersih, tidak dihinggapi lalat. Penjualnya menjaga kebersihan diri dan kemasan makanan aman. Kemudian, jajanan harus memenuhi syarat keseimbangan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat beraktifitas. Siswa perlu  mengetahui Jajanan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dengan porsi berimbang.

Sebelumnya, pada  23 Januari 2017 Pengabmas STIKes Perintis Padang  dilaksanakan di SDN 23 Pasie Sebelah, Kecamatan Koto Tangah, Padang,  Sumbar.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.