(Perkuliahan di Kampus II Bukittinggi)

Sejarah Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Perintis Padang

Tujuannya pendirian Program Studi Sarjana Keperawatan adalah membantu pemerintah dalam melaksanakan upaya-upaya pendidikan tenaga kesehatan dengan meningkatkan srata pendidikan perawat menjadi tenaga perawat yang profesional. Dengan latar pendidikan yang tinggi diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik untuk membantu menumbuhkan dan membina sikap dan keterampilan profesional yang diperlukan sebagai seorang perawat profesional

Pada tahun 2006 berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Perintis Sumatera Barat (Sumbar) melalui izin Kepmendiknas No. 162/D/O/2006 lahirnya progam studi yaitu S-I Keperawatan di Bukittinggi.

 

Visi, Misi dan Tujuan PSIK STIKes Perintis

Visi Program Studi

’Menjadi Program Studi Ners yang sehat dan bermutu dalam keperawatan disaster di lingkup nasional tahun 2020’’

 

 

Misi Program Studi

Misi Program Studi Ners adalah:

1.      Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan keperawatan yang berstandar nasional.

2.      Menyelenggarakan pendidikan/pelatihan dan pengembangan keperawatan disaster bagi mahasiswa dan masyarakat.

3.      Menyelenggarakan riset dan mengembangkan penelitian serta  iptek dan menerapkannya dalam dunia keperawatan yang kompetitif.

4.      Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian masyarakat dengan berperan aktif dalam membina kesehatan masyarakat melalui asuhan keperawatan yang profesional khususnya dalam keperawatan disaster

5.      Menyelenggarakan kerjasama dengan institusi Pemerintahdan swasta dalam rangka implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

 

Tujuan Program Studi

Tujuan pendidikan Program Studi NersSTIKes Perintis Sumbar  adalah:

1.      Menghasilkan proses pembelajaran yang memiliki kompetensi keperawatan disaster yang mampu bersaing di tingkat nasional

2.      Menghasilkan alumni/lulusan yang mempunyai sertifikasi pelatihan khusus.

3.      Menghasilkan riset-riset keperawatan yang bermutu.

4.      Menghasilkan  pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

5.      Menghasilkan kerjasama dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi.

 

Sasaran

Bidang pendidikan.

  1. Meningkatnya mutu pendidikan bagi progran pendidikan sarjana dan ners dengan

proses terakreditasi

  1. Meningkatnya kemampuan dosen dalam melakukan variasi metode belajar
  2. Terselaksananya kurikulum yang dinamis, serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan  terkini serta sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku.Minimal setiap tiga tahun dilakukan peninjauan kurikulum
  3. Memperpendek masa studi dengan 12.8% dengan massa 4-4.5 tahun (2011) 5% (2012) dan mahaiswa dapat lulus uji kompetensi
  4. Meningkatkan IPK Lulusan akademik pada lima tahun terakhir ke lima tahun berikutnya dari rata- rata 3,19 menjadi 3,25
  5. Meningkatnya kualitas dan kuantitas dosen program pendidikan ners dalam mencapai peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan dengan target berpendidikan minimal S2.
  6. Meningkatnya kemampuan dosen dalam melakukan proses pembelajaran dikelas dan bimbingan klinik serta bimbingan profesi
  7. Menghasilkan lulusan yang bermutu dengan lulus uji kompetensi minimal 85%
  8. Peningkatan efisiensi pendidikan dengan meningkatkan angka efisiensi edukasi (AEE) dari 18% menjadi 22%.

Bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas riset keperawatan / karya ilmiah/Bahan AJar oleh dosen (target minimal setiap dosen menghasilkan 1 karya ilmiah/ semester)
  2. Meningkatkan publikasi karya ilmiah/ riset dosen dalam lingkup lokal dan nasional (minimal ada 5 publikasi nasional setiap tahun)
  3. Peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat, melalui kegiatan diskusi lokakarya, pelatihan dan bimbingan teknis dalam bidang keperawatan kepada masyarakat
  4. Menjadi fasilitator dalam pemberdayaan dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam kewaspadaan bencana (targetnya setiap tahun dilakukan pada wilayah di Padang)

Bidang kerjasama :

  1. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi dalam negeri dari 21 menjadi 30 untuk meningkatkan mutu pendidikan, penelitian dan pengabmas.
  2. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi luar negeri  (target minimal 4)
  3. Berkembangnya kerjasama dengan user, seperti rumah sakit, badan penangulangan bencana baik lokal maupun nasional

 

PROFIL LULUSAN ILMU KEPERAWATAN

    1. Care Profider (pemberi asuhan keperawatan)
    2. Communiy Leader (pemimpin dalam kegiatan komunitas profesi maupun soasial)
    3. Educator (pendidikan kesehatan bagi klien dan keluarga)
    4. Manager ( pengelola asuhan keperawatan)
    5. Reseacher (peneliti pemula )

 

Sesuai dengan surat keputusan mentri pendidikan nasional republic Indonesia Nomor 232/ U/ 2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar  serta keputusan keputusan mentri pendidikan nasional republic Indonesia Nomor 045/ u/2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi, sehingga kurikulum tahap akasdemik pendidikan sarjana keperawatan merupakan rangkaian kegiatan untuk mencapai kompetensi yang harus dimiliki oleh sarjana sebagai luaran dari program pendidikan ini. Komptensi yang perlu dimiliki oleh lulusan  sarjana terdiri dari kompetensi utama, pendukung dan kompetensi lainnya

 

Kompetensi yang dimuat dalam buku ini merupakan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh setiap lulusan dan terstandarisasi diseluruh Indonesia. Kompetensi pendukung dan lainnya merupakan kompetensi yang mencirikan institusi dan program studi dimana lulusan berasal.  Kompetensi ini kemudian diuraikan kedalam elemen kompetensi sebagai berikut:

  1. Landasan kepribadian
  2. Penguasaan ilmu dan keterampilan
  3. Kemampuan berkarya
  4. Sikap dan prilaku dalam berkarya
  5. Pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat

 Kompetensi Utama Sarjana Keperawatan

  1. Melakukan komunikasi secara efektif
  2. Melaksanakan pendidikan kesehatan
  3. Mampu menerapkan aspek etik dan legal dalam praktik keperawatan*
  4. Mampu melaksanakan askep profesional di tatanan klinik dan komunitas*
  5. Mampu mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen keperawatan*
  6. Mampu menjalin hubungan interpersonal
  7. Mampu melakukan penelitian sebagai peneliti pemula
  8. Mampu mengembangkan profesionalisme secara terus menerus atau sepanjang hayat

 

Stuktur Organisasi Di Progran studi sarjana keperawatan STIKes Perintis Padang adalah sebagai berikut

Ketua Program Studi                                 : Ns. Ida Suryati, M.Kep

Sekretaris Prodi                                          : Ns. Lisa Mustika Sari, M.Kep

Bidang Akademik                                      : Ns. Lisa Mustika, M.Kep

Bidang Praktek Klinik                               : Ns. Faleri Siska Yunere, S.Kep

Bidang Evaluasi                                         : Ns. Dia Resti, DND, S.Kep

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni    : Defrimal, S,Kep, M.Biomed, PA

Staf Dosen

  1. Ns.Yessi Andriani, S. Kep
  2. Ns. Andrye Fernandes, S. Kep
  3. Ns. Maidaliza, S.Kep