(Perkuliahan di Kampus I Padang)

Sejarah D-IV AnalisKesehatan

 

Pada tahun 2006 denganizinkemendiknas No. 17/D/O/2007 tentangizinpendirianprodi D-IV AnalisKesehatan di STIKES Perintis Sumatera Barat, merupakancikalberdirinya Program Studi D-IV AnalisKesehatan di STIKES Perintis Sumatera Barat dibawahnaunganYayasanPerintis Sumatera Barat (YP-SUMBAR).

Kampus Program Studi D-IV AnalisKesehatanterletak di Kampus I STIKES Perintis SUMBAR yang berlokasi di JalanAdinegoro KM 17 SimpangKalumpangLubukBuaya Padang Sumatera Barat.

Pada awal perencanaan pendirian Program Studi D-IV Analis Kesehatan, berdirinya Program Studi D-IV Analis Kesehatan didasarkan pada permintaan dari  SMK-SMK analiskimia yang menginginkan lulusannya mempunyai tempat melanjutkan studi yang setara sarjana, bukan diploma/ahlimadya seperti yang telah dilaksanakan pada Program Studi D-III AnalisKesehatan yang juga merupakan salah satu Program Studi yang ada di STIKES Perintis. Selain itu permintaan lulusan D-III Analis Kesehatan agar dapat melanjutkan studi ke jenjang setara sarjana, terutama bagimereka yang telah bekerja dan ingin memperdalam ilmu analis kesehatan juga menjadi dasar pendirian Program Studi D-IV AnalisKesehatan di STIKES Perintis Sumatera Barat ini. Program studi DIV Analis Kesehatan telahterakreditasi oleh BAN-PT Jakarta, No.002/ BAN-PT/ AK- IX/ DpI- IV/V/2012, pesertadidik di program studi ini terbagi dalam 2 jalur yaitu Jalur A (regular) dan Jalur B (non regular).

Program Studi D-IV Analis Kesehatan pertama kali di ketuai oleh Arlinda, S.Si (2007-2010), kemudian dilanjutkan oleh Dewi Yudiana Shinta, M.Si, Apt (2010-2011), kemudian dilanjutkan lagi oleh dr. Lillah, Sp.PK(K) (2011-Sekarang).

 

Visi

“Menjadi Program Studi D-IV Analis Kesehatan yang sehat dan bermutu serta terampil dibidang manajemen Quality Control Laboratorium Klinik di Sumatera Tahun 2020”

 

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan program pendidikan diploma IV Analis Kesehatan berbasis ilmu dan teknologi bidang pelayanan laboratorium secara professional yang mempunyai tata kelola yang baik serta pelayanan prima yang berkesinambungan (Continuous Quality Improvement).
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja khususnya dalam manajemen dan pengelolaan laboratorium klinik serta mampu melakukan validasi hasil pemeriksaan teknisi laboratorium kesehatan.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian ilmiah untuk mengembangkan ilmu dan teknologi dibidang Analis Kesehatan.
  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat yang mendukung upaya mengatasi masalah kesehatan di Sumatera Barat.
  5. Menggalang kemitraan dengan insitusi atau organisasi lain untuk membangun jaringan kerjasama.

Tujuan

  1. Menghasilkan proses pembelajaran secara efektif, efisien, berkelanjutan dan memiliki daya saing dalam suasana akademik yang kondusif dan peka pada kebutuhan pasar kerja.
  2. Mengembangkan sumber daya yang mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi di bidang Laboratorium kesehatan dan Tersedianya tenaga pendidik yang memiliki kompetensi di bidang analis
  3. Terwujudnya komunikasi antara dosen, dosen dan mahasiswa, serta antara mahasiswa melalui forum kajian mahasiswa dan dosen.
  4. Meningkatkan Fasiltas, Pendanaan dan Teknologi dibidang Ilmu Analis Kesehatan dalam proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  5. Menjalin kerjasama dengan instansi lain yang berkaitan dengan bidang ilmu analis kesehatan.

STRUKTUR ORGANISASI D-IV ANALIS KESEHATAN

Kaprodi : dr. H. Lillah, SpPK (K)
Sekretaris
:
Chairani, S.SiT, M.Biomed
PenanggungJawabKurikulum& PKL : Betti Rosita, MSi
PenanggungJawab Evaluasi & Kemanusiaan : Anggun Sophia, M.Si
PenanggungJawab Skripsi dan Pengabmas : Renowati, S.SiT, M.Biomed

 

Kompetensi Prodi DIV Analis Kesehatan

Program studi diploma  IV diarahkan  pada hasil lulusan yang menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang kompleks, dengan dasar kemampuan profesional tertentu,termasuk ketrampilan  merencanakan, melaksanakan kegiatan, memecahkan masalah dengan  tanggung jawab  mandiri pada tingkat tertentu, memiliki ketrampilan manajerial,serta mampu mengikuti perkembangan, pengetahuan, dan teknologi di dalam bidang keahliannva,sebagaimana  ditetapkan dalam SK kepmen no 232/ U/2000. Kurikulum DIV Analis Kesehatan  Sesuai dengan SK STIKES no 035/ STIKES-YP/ II / 2012 dan diatur dalam SOP no 06/ 03/ LPMI/  STIKES-YP   tentang penyusunan kurikulum, bahwa kompetensi lulusan adalah sebagai berikut:

  1. Mampu melakukan pemeriksaan laboratorium yang bersifat khusus dan kompleks dari sampel cairan dan jaringan tubuh manusia sesuai bidang keahliannya dengan menggunakan instrumen otomatis/autoanalyzer secara terampildan sesuai standar dengan memilih metode pemeriksaan laboratorium yang sesuai berdasarkan permintaan pemeriksaan. untuk menghasilkan informasi diagnostik yang tepat.
  2. Menguasai konsep teori, prinsip, metode dan teknik kerja pemeriksaan khusus laboratorium sesuai bidang keahliannya hematologi, kimia klinik, imunologi, mikrobiologi, parasitologi, toksikologi, histoteknologi, biologi molekuler dan mampu memecahkan masalah  kelaboratorium melalui pendekatan secara komprehensif.
  3. Mampu bekerja mandiri dalam menyelesaikan masalah teknis pemeriksaan laboratorium, melakukan validasi hasil sesuai bidang keahliannya (pra analitik, analitik dan pasca analitik), dan bertanggungjawab atas hasil pemeriksaan laboratorium

Sedangkan Profil  lulusan DIV Analis Kesehatan adalah :

  • Pemeriksaan menggunakan metode dan alat canggih pada pemeriksaan khusus dan kompleks
  • Pengelola Laboratorium kesehatan
  • Validator hasil pemeriksaan laboratorium
  • Asisten Peneliti

 

KOMPETENSI UTAMA LULUSAN PRODI DIV ANALIS KESEHATAN

  1. Mampu melakukan penggambilan dan penanganan terhadap sampel yang diterima, menggunakan metoda yang sesuai dengan jenis dan sifat sampel, menunjukkan dan menjaga kualitas sampel tetap dalam kondisi baik
  2. Mampu melakukan penilaian terhadap kelayakan sampel,menggunakan metoda yang sesuai dengan jenis dan sifat sampel untuk menunjukkan kuantitas dan kualitas sampel sesuai dengan persyaratan
  3. Mampu menerapkan prosedur pemeriksaan sampel menggunakan metoda sesuai dengan perkembangan IPTEK menunjukkan hasil yang akurat dalam berbagai kondisi
  4. Mampu mengintrepretasikan hasil secara tepat dan memiliki sikap teliti,kreatif dan hati- hati dalam melakukan pemeriksaan
  5. Mampu melakukan supervisi kegiatan laboratorium untuk menentukan jenis lahan yang menunjang kegiatan lab sesuai dengan kemampuan tipe lab
  6. Menguasai pengetahuan mengenai menajemen kelaboratoriuman untuk dapat melakukan penilaian terhadap kelayakan laboratorium
  7. Mampu mengambil keputusan atas kelayakan berbagai tipe lab berdasarkan peraturan yang berlaku.Memiliki sikap kritis,komunikatif, sopan dan jujur
  8. Mampu mengelola dan mengembangkan usaha dibidang laboratorium klinik kesehatan
  9. Menilai kelayakan alat, media dan reagensia yang akan digunakan sesuai jenis pemeriksaan dengan menggunakan yang telah ditetapkan
  10. Menerapkan prosedur pemeriksaan sampel menggunakan metoda sesuai dengan perkembangan IPTEK menunjukkan hasil yang akurat dalam berbagai kondisi
  11. Mampu memutuskan sampel yang layak digunakan sesuai dengan kebutuhan pemeriksaan dengan sikap teliti dan hati- hati
  12. Mampu menilai kelayakan hasil pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan metoda standar dan SOP sehingga dapat menentukan hasil pemeriksaan yang valid dan reliable dalam kondisi terstandar
  13. Menguasai pengetahuan tentang validitas hasil pemeriksaan laboratorium sehingga dapat diaplikasikan dalam menilai kelayakan hasil pemeriksaan labortorium
  14. Mampu memutuskan kelayakan hasil pemeriksaan laboratorium dan memiliki sikap teliti
  15. Mampu mendeteksi adanya penyimpangan dalam proses pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan standar dan SOP dalam waktu singkat
  16. Menguasai pengetahuan tentang prosedur pemeriksaan lab untuk dapat mendeteksi hasil pemerksaan yang menyimpang
  17. Memiliki kemampuan untuk memutuskan adanya penyimpangan dalam proses pemeriksaan lab secara teliti dan hati-hati
  18. Mampu merancang jenis penelitian melaksanakan penelitian sesuai dengan rancangan penelitian dan membuat laporan hasil penelitian bidang laboratorium terapan dan mengaplikasikannya dalam pengabmas
  19. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan metodologi penelitian,statistic,bahasa Indonesia, bahasa inggris, IKM serta aplikasi computer secara mendalam, mampu memformulasikan penyelesaian masalah setiap tahapan penelitian dan pengabmas dibidang laboratorium terapan
  20. Mampu mengambil keputusan rancangan penelitian dan pengabmas serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi

 

KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN PRODI DIV ANALIS KESEHATAN

  1. Mampu berbahasa inggris baik secara aktif maupun pasif
  2. Mampu mengoperasikan Aplikasi komputer yang terkait dengan kelaboratoriuman
  3. Mampu menerapkan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja
  4. Mampu menangani permasalahan yang timbul pada waktu pengambilan sampel.
  5. Mampu melaksanakan teknik plebotomi
  6. Mampu menerapkan teknologi informasi dalam Labkes
  7. Mampu mengelola kewira usahaan di bidang labkes
  8. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan metodologi penelitian,statistic,bahasa Indonesia, bahasa inggris, IKM serta aplikasi computer secara mendalam, mampu memformulasikan penyelesaian masalah setiap tahapan penelitian dan pengabmas dibidang laboratorium terapan