Pengabdian Masyarakat Praktek Kerja Lapangan (PMPKL) Stikes Perintis 2019

STIKes Perintis yang menghasilkan lulusan tenaga kesehatan turut mempunyai andil dalam pelaksanaan pembangunan dibidang kesehatan dan salah satu kemampuan yang harus dimiliki lulusan adalah mampu berperan secara aktif dalam program kesehatan masyarakatdengan bekerja sama dengan anggota tim kesehatan lainnya serta anggota tim lintas sektoral termasuk keterlibatan atau peran serta masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan serta pengembangan kemampuan untuk mengatasi masalah kesehatan. Hal ini juga sesuai dengan misi pendidikan tenaga kesehatan yang bertujuan meningkatkan mutu lulusan tenaga kesehatan dan meningkatkan kemitraan serta kemandirian dalam institusi pendidikan kesehatan. Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut maka mahasiswa dan dosen dari tujuh Program Studi (Prodi) pada STIKes Perintis Padang (Prodi D III Keperawatan, S1 Keperawatan, DIII Gizi, S1 Gizi, DIII TLM, DIV TLM, dan D III Kebidanan) melakukan Pengabdian Masyarakat dan Praktek Kerja Lapangan (PMPKL) secara terpadu.

Pelaksanaan praktek kerja lapangan dilakukan oleh mahasiswa selama lima  minggu dimulai pada 23 Maret 2019 yang berlokasi pada Kabupaten Lima Puluh Kota, Kecamatan Guguak di lima nagari di 30 jorong dengan kegiatan meliputi pendataan, pengolahan data dan analisis data, lokakarya mini untuk persentasi data dan identifikasi masalah, serta penyusunan perencanaan bersama masyarakat, melakukan implementasi dan melakukan evaluasi.

Tujuan Kegiatan

  • Menjalin hubungan baik dengan masyarakat.
  • Melakukan pengkajian (pendataan) terhadap masalah kesehatan di masyarakat dan keluarga, pendataan kunjungan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, bayi baru lahir dan pasangan usia subur langsung kepada masyarakat, tokoh masyarakat, instansi terkait dan lintas sektor.
  • Melakukan analisa data yang telah dikumpulkan di masyarakat dan keluarga serta membantu mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada dan harus diatasi dalam rangka mewujudkan masyarakat sehat melalui lokakarya/ musyawarah masyarakat desa.
  • Melakukan identifikasi masalah kesehatan berupa diagnosa keperawatan dan diagnosa kebidanan yang timbul dari analisa data dan memberdayakan masyarakat dalam rangka mengatasi masalah kesehatan yang ada sesuai dengan kondisi dan budaya setempat.
  • Merencanakan tindakan untuk menanggulangi masalah kesehatan yang dirumuskan bersama masyarakat.
  • Melaksanakan tindakan secara nyata bersama-sama masyarakat sesuai dengan perencanaan yang telah disusun bersama masyarakat seperti; Penyuluhan Kesehatan, Pembuatan WC Percontohan, Pengobatan Masal, Senam lansia, Gotong royong masal, Pembuatan saringan percontohan dan sebagainya.
  • Mengembangkan sikap pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan pengalaman kerja di komunitas dan keluarga.
  • Memberikan pengalaman nyata dalam melaksanakan kebijakan pemerintah dibidang kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas.
  • Mendokumentasikan setiap asuhan yang diberikan sesuai dengan standar

Diharapkan Mahasiswa mendapatkan kompetensi dalam menerapkan asuhan keperawatan komunitas, asuhan kebidanan komunitas, gizi komunitas dan analisis epidemiologi guna menunjang program pemerintah dibidang kesehatan yang mencakup pembinaan dan pelayanan kesehatan masyarakat serta untuk meningkatkan kualitas hidup individu, keluarga, kelompok resiko tinggi, kelompok khusus yang ada di komunitas khususnya di Kecamatan Guguak Kabupaten 50 kota dan Dosen mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu Tridharma Perguruan Tinggi dan berperan serta dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui bidang kesehatan.

STIKES Perintis….

We are the first we are the best…..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.