Mahasiswa Dan Dosen STIKes Perintis Padang Laksanakan Pengabdian Masyarakat Di Tarusan

Painan, April — Sebanyak 274 mahasiswa dan 45 Dosen Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKes) Perintis Padang melaksanakan Pengabdian Masyarakat dan Praktek Kerja Lapangan (PMPKL) di Kecamatan Koto XI Tarusan selama 5 minggu dari Senin (9/4) hingga Sabtu (12/5 ) mendatang .

PMPKL ini dilaksanakan di 10 nagari di wilayah kerja Puskesmas Tarusan diantaranya Kenagarian Batu Hampar ,Batu Hampar Selatan,Nanggalo,Setara Nanggalo,Ampang Pulai,Pulau Karam ,Jinang Kampung Pansur, Cerocok Anau ,Kapuh dan Kapuh Utara . Kegiatan ini diikuti 4 keilmuan dari 8 Program Studi (Prodi) diantaranya D4 Teknis Labor Medis, D3 Teknis Labor Medis, S1 Gizi,D3 Gizi, S1 Keperawatan,D3 Keperawatan, D3 kebidanan dan profesi Ners.

PMPKL secara resmi Senin (8/4) diterima dan dilepaskan secara resmi oleh Bupati Pessel Hendrajoni yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMNP2KB) Pessel Hamdi.

Ikut hadir Kepala Dinas Kesehatan Satria Wibawa .Dan dari perwakilan STIKes Ketua STIKes Padang Yendrizal Jafri,Ketua Yayasan Perintis Padang Iswandi Rafki .

Ketua STIKes Padang Yendrizal mengungkapkan selama melaksanakan kegiatan PMPKL para mahasiswa dan dosen mengaplikasikan semua bidang ilmu yang mereka dapatkan dibangku kuliah ke pada masyarakat . Berbagai kegiatan akan dilakukan diantaranya pendataan masyarakat terutama pendataan gizi buruk,pemeriksaan kesehatan,TB da sosialisasi kesehatan .

“Kita berharap semoga setelah adanya data akan kesehatan masyarakat seperti jumlah gizi buruk,TB dan kesehatan masyarakat lainnya bisa ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Pessel sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan ,” ujarnya

Ketua Yayasan Perintis Padang Iswandi Rafki mengungkapkan agar mahasiswa dan dosen yang melaksanakan PMPKL bisa menjaga nama baik dan bersikap sopan dan selalu menjaga silaturahmi .

“Semoga ilmu yang diterapkan oleh mahasiswa dan dosen ini berguna bagi masyarakat nantinya , dan terima kasih kepada walinagari yang telah memfasilitasi mahasiswa kami ” ujarnya

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMNP2KB) Pessel Hamdi mengungkapkan kehadiran para mahasiswa diharapkan dapat membantu dan menunjang pembangunan dibidang kesehatan masyarakat Pessel khususnya di Kecamatan Koto XI Tarusan . Dimana kegiatan PMPKl merupakan tugas pengabdian masyarakat sebagai wujud peran serta masyarakat kepada pembangunan Pessel.

“Kegiatan ini jangan semata mata hanya untuk memenuhi tuntutan kurikulum yang dibebankan oleh Kampus kepada mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya . tetapi kami berharap pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam dunia kampus dapat di tranferkan kepada masyarakat yang ada di kecamatan ini,” ujarnya

Hamdi berharap hasil sensus ataupun pendataan yang nantinya dilakukan pada kegiatan PMPkL bisa menjadi pertimbangan dan masukan bagi daerah dalam hal membuat kebijakan khususnya dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak ,gizi buruk dan kesehatan lainnya .

Pada kegiatan ini juga ditandatangani Mou antara Dinas Kesehatan Pessel dengan STIKes Perintis Padang terkait Rekokmisi Pemberlajaran Lampau (RPL)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.